Selasa, 13 Oktober 2020

Ketahui Beragam Manfaat Pijat Bayi

 



Tidak hanya sebatas trend, pijat bayi memang memberi bermacam faedah. Faedah pijat bayi bukan hanya dapat didapat dari pemijatan oleh tenaga profesional di pusat perawatan bayi atau spa bayi, tetapi dapat juga didapat dari pemijatan yang Anda kerjakan sendiri di dalam rumah.


Langkah memijat bayi harus dilaksanakan secara halus serta berhati-hati. Tidak sama sama orang dewasa yang otot serta kulitnya tahan pada desakan keras waktu dipijat, bayi akan gampang berasa kesakitan serta luka jika dipijat begitu keras. Ini sebab otot serta kulitnya masih tipis serta peka.


Bukan hanya lewat pijatan, bayi dapat merasai faedah pijat bayi waktu dia bersinggungan langsung atau memperoleh contact kulit sama orang yang memijatnya. Sentuhan fisik ini bisa membuat bayi berasa suka serta damai.


Beberapa Faedah Pijat Bayi Pijat bayi adalah salah satunya langkah melakukan komunikasi di antara orangtua serta Sang Kecil. Bila dilaksanakan secara benar, beberapa faedah pijat bayi di bawah ini bisa didapat Sang Kecil:


1. Membuat bayi berasa semakin tenang serta damai


Pijatan di bayi bisa merangsang skema saraf pusat. Sentuhan fisik di bayi akan kirim signal ke otaknya untuk produksi semakin banyak endorfin serta serotonin, yakni hormon yang bisa membuat perasaan bertambah bahagia serta damai.


Ke-2 hormon ini berguna dalam menolong kurangi ngilu yang dirasa bayi.


2. Memperlancar pencernaan


komponen yang harus dipahami dalam slot game Pijat bayi dapat membuat skema pencernaannya bertambah lebih damai serta bergerak bertambah lancar. Saat bayi rewel sebab masalah pencernaan, seperti perut kembung, sembelit, atau alami kolik, dia akan berasa semakin nyaman sesudah memperoleh pijatan.


3. Membuat tidur bertambah pulas


Riset memperlihatkan jika pijatan di bayi bisa membuat transisi tidurnya bertambah teratur. Ini berarti bayi akan tidur semakin banyak pada malam hari serta lebih aktif pada siang hari.


Bayi yang teratur dipijat dikenali berkadar melatonin yang makin tinggi. Dengan alamiah, badan akan menghasilkan hormon melatonin saat hari mulai gelap. Melatonin berikut yang membuat badan mengantuk. Makin pulas tidur pada malam hari, makin banyak melatonin yang dilepaskan.


Disamping itu, pijat bayi berguna juga membuat badan bayi santai, hingga dia bertambah gampang tidur pulas.


4. Kurangi kandungan bilirubin


Beberapa waktu sesudah lahir, bayi menjadi kuning. Beralihnya warna kulit bayi jadi kuning ini dapat berasal dari bertambahnya kandungan bilirubin.


Pada suatu riset, dikenali jika bayi kuning yang memperoleh pijatan waktu 15-20 menit serta fototerapi nampak alami pembaruan yang makin cepat dibanding bayi yang cuman memperoleh fofoterapi. Ini memperlihatkan jika faedah pijat di bayi ikut punya pengaruh di pengurangan kandungan bilirubinnya.


5. Menguatkan jalinan di antara orangtua serta bayi


Memijat bayi adalah langkah simpel tetapi efisien untuk tingkatkan serta menguatkan jalinan emosional di antara orangtua serta bayi. Satu riset serta mengutarakan jika pijat bayi bisa kurangi tanda-tanda stres pascamelahirkan serta tingkatkan kepekaan orangtua pada keperluan bayinya.


Langkah Memijat Bayi yang Betul Sebelumnya memijat bayi, tekankan ruang tempat pijat cukup hangat serta tenang sebab pijat bayi yang bagus dilaksanakan di situasi bayi tiada baju. Sang Kecil seharusnya pada kondisi terbangun, tidak mengantuk, serta telah kenyang.


Bila Sang Kecil baru disusui atau dikasih makan, nantikan dahulu sampai 45 menit sebelumnya memijatnya supaya dia tidak muntah.


Saat akan memijat Sang Kecil, baringkan dia di atas handuk atau selimut serta tempatkan bantal bayi di bawah kepalanya. Pakai minyak bayi (baby oil) atau cream bayi, lalu gosokkan di telapak tangan Anda sampai berasa hangat. Kemudian, kerjakan cara berikut:


Seka telapak kaki serta tangan Sang Kecil memakai ibu jemari dari arah tumit kaki mengarah jari-jari kaki.


Seka tungkai serta betis Sang Kecil dari arah pangkal paha dengan pergerakan melingkar.


Untuk memijat tangan, kerjakan pergerakan yang sama juga dengan memijat kaki, yakni menyeka telapak tangan serta menyeka lengan dengan pergerakan melingkar.


Silangkan tangan di atas perut serta dada Sang Kecil, lalu pijat tempat ini dengan pergerakan menyilang.


Tempatkan ibu jemari di perut Sang Kecil, lalu seka sejalan dengan jarum jam.


Pijat kepala serta muka Sang Kecil searah jarum jam.


Tengkurapkan Sang Kecil, lalu seka serta beri pijatan halus dari leher sampai ke bokongnya.


Waktu session pijat, Bunda dapat berdendang, membacakan narasi, atau ajaknya mengobrol. Sentuh Sang Kecil secara halus serta jauhi pergerakan mendesak atau menggelitik sebab akan membuat tidak damai.


Lihat bagaimana tanggapan Sang Kecil. Bila dia menggoyang-goyangkan lengannya serta terlihat suka, berarti dia nikmati pijatan yang Anda beri. Tetapi bila Sang Kecil terlihat resah atau serta menangis, hentikan pijatan serta coba lagi di lain kali.


Walau sekarang ini banyak panduan pijat bayi, Anda dapat ikuti kelas pijat bayi yang diselenggarakan oleh terapis yang telah mempunyai sertifikat. Selan bisa bertambah pahami faedah pijat bayi serta pergerakan memijat yang betul, ikuti kelas pijat bayi bersama-sama pasangan bisa membuat Anda berdua bertambah dekat sama Sang Kecil.

Share:
Lokasi: Indonesia

Copyright © Edukasi | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com